Ming. Jan 26th, 2020

Maritim Raya

Jelajah peristiwa dari hulu hingga hilir

Guskamla Koarmada 1 Gelar Coffe Morning Bersama Stakeholder Maritim

2 min read

Maritimraya.com – Batam, Gugus Keamanan Laut Komando Armada 1 (Guskamla Koarmada 1 ) TNI Al menggelar acara coffe morning bersama stakeholder maritim dalam rangka memperingati  hari Armada RI 2019, di Mako Guskamla Armada 1 Batam, pada senin  (2/12) di Mako  Guskamla Armada 1 Batam.

Dalam acara ramah tamah tersebut Danguskamla Koarmada 1, Laksamana Pertama Yayan Sofiyan ST, mengajak semua pihak untuk meningkatkan sinergitas dalam pengamanan laut di Selat Malaka yang melintasi perairan Sumatera, guna menciptakan kondisi keamanan laut yang kondusip dan mendukung peningkatan ekonomi di kawasan perairan lalu lintas kapal terpadat no 2 di dunia tersebut.

“Indonesia memiliki wilayah maritim yang cukup luas terutama di Selat Malaka, kita harus rebut kembali kedaulatan ekonomi maritime wilayah ini,” ujarnya.

Danguskamla Koarmada 1 selanjutnya menyampaikan  pentingnya membangun sinergitas pemangku kepentingan, hal ini diharapkan dapat menjadi momentum terjalin komunikasi antara pemangku keamanan laut dengan para pengguna laut dan industry maritim.

Sebagai implementasi dalam mewujudkan sinergitas, Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan ST, meluncurkan safety sailing dan pembentukan  Forum Komunikasi Komunitas Pengguna Laut & Industri Maritim, yang mana diharapkan wadah ini akan membangun sinergi yang kuat terutama pengguna laut di wilayah perairan Selat Malaka.

Lebih lanjut disampaikanya bahwa keberhasilan pembangunan ekonomi maritim bisa terwujud apabila sinergitas regulator sebagai paying hukum dan operator  sebagai pengguna  laut  berjalan secara professional, “Dengan peluncuran safety sailing akan lebih meningkatkan sinergi pemangku keamanan laut dan pengguna  jasa maritim di Selat Malaka “ Tegasnya.

Dalam rangkaian acara coffe morning petinggi TNI AL  dan  Kantor Pelayanan Utama  (KPU) Bea Cukai Batam  serta instansi terkait  memberikan secara simbolis kartu anggota  FKKPLIM (Forum Komunikasi Komunitas  Pengguna Laut & Industri Maritim ) kepada para pengusaha diantaranya, Bakty Basuki yang menerima dari kepala KPU Bea Cukai Batam Susila Brata.

Kepada maritimraya .com Bakti basuki mengatakan terbentuknya FKKPLIM memberikan perlindungan dunia usaha maritim dalam menghadapi era globalisasi.

“Tadi beberapa pengusaha menerima kartu anggota FKKPLIM baik dari petinggi TNI AL dan Instansi lainnya, kalau saya menerima dari kepala KPU Bea cukai Batam,”terangnya. **A mursalim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *